Masih Ingat Cita-Cita Kamu?

Kalau kamu saat ini berumur sekitar 27-30 tahun, dan ditanya apa cita-cita kamu, apa kamu bisa menjawab? Seandainya kamu pikir bisa menjawab, apa jawaban kamu? Apakah jawaban itu benar-benar cita-cita kamu? Atau hanya jawaban umum saja seperti “Ingin membahagiakan orang tua”, atau “Ingin hidup bahagia”, atau “Ingin berguna bagi orang banyak”? Kita harus sepakat bahwa bukan itu yang dimaksud dengan Cita-Cita disini. Saya berbicara tentang cita-cita sebagai “what you’ll become”, bukan “what you wish to happen“.

Saya pernah ditanya dan kesulitan untuk menjawab itu. Saya ingat pernah ingin menjadi musisi, karena influence yang sangat besar dari Ayah yang musisi. Kemudian ingat ingin menjadi dokter karena tergoda dengan kemapanan yang dicontohkan oleh Uwak saya yang seorang dokter. Tapi kemudian saya ragu untuk menjawab ingin menjadi musisi atau dokter, karena yang saya lakukan dan kerjakan pada saat itu sama sekali tidak ada hubungannya. Saya lulusan Komunikasi yang bekerja di perusahaan IT, sudah menikah dan dikaruniai dua orang anak. Konyol rasanya kalau saya masih mau menjadi musisi atau dokter. Mau kasih makan anak istri apa kalau saya menempuh jalan musisi dengan skill pas-pasan? Mana bisa juga ujug-ujug kuliah kedokteran tanpa ada pemasukan menghidupi anak istri? Tanpa sadar, saya sudah menjadi orang yang hidup dengan pola standar: kerja jadi pegawai – nikah – punya anak – sekolahin anak – nikahin anak – punya cucu – pensiun – terus mati, dan bukan sebagai musisi atau dokter. Sounds familiar?

Begitulah pertanyaan tentang istilah simpel yang waktu SD dulu kita bisa jawab dengan lantang (“Saya mau jadi Presiden, Bu!” atau “Saya mau jadi Astronot, Bu!”) bernama Cita-Cita, menjadi salah satu pertanyaan yang paling rumit untuk dijawab. Saya yakin sebagian besar dari kamu juga kesulitan menjawab ini. Hayo jujur.

Tinggalkan Balasan

